Monday 20 February 2012

Marble Cave: Gua Biru Langit yang Dipahat di Patagonia


Di tengah-tengah Patagonia, terbaringlah dunia bawah gua berwarna biru langit yang menawan hati. Lapisan menakjubkan berwarna biru membuatnya tampak seperti ada pelukis profesional yang telah mendaratkan seninya pada gua yang spesial ini.


Danau General Carrera - adalah tempat dimana gua ini berada - terlatak di perbatasan Argentina dan Chili. Daerah ini mempunyai mikro-iklim yang cerah (padahal biasanya dingin), sehingga orang-orang dapat menikmati air dan mengeksplorasi gua ini dengan nyaman.


Gua ini adalah salah satu keajaiban alami, jurang pualam yang terjal yang sedimennya memberikan warna yang memikat hati. Airnya sendiri secara perlahan menghalau kerikil hingga ke dinding-dinding jurang membentuk ruang-ruang kecil dan besar dengan lemah lembut. Gua ini bisa dieksplorasi menggunakan perhu pada waktu-waktu tertentu ketika tinggi airnya cukup rendah.


Marble Cavern dikenal juga dengan nama  Las Cavernas de Marmol, mempunyai tida nama yang lebih spesifik untuk guanya: the Cave, the Cathedral and the Chapel.


Marble Cave tersusun atas bebatuan menonjol dengan barik-barik marmer murni di bawahnya yang berjalan dari satu sisi Danau Carrera menuju Puerto Tranquilo yang ada di sisi utara danau. Chapel dan Cathredal telah didesain sebagai cagar alam. Keduanya dapat dikunjungi saat musim panas selama tinggi airnya stabil.


Pinggiran batu di langit-langit gua berwarna putih keabuan, tetapi Anda juga bisa melihat lapisan berwarna biru karena ketidaksempurnaan, warna ini kemudian akan menjadi semakin jelas ketika menuju dasar.


Satu hal yang dikhawatirkan adalah adanya rencana Chili dalam membangun lima bendungan hidropower di Patagonia. Tentu saja, rencana ini akan mengganggu habitat spesies yang terancam punah dan unik di area ini termasuk juga danau yang cantik, termasuk Danau Carrera (di bagian Argentina, disebut Lago Buenos Aires).


Gua yang sangat indah ini mungkin tidak terlalu terkenal, tetapi keindahannya sebagai keajaiban geografis sudah berada di tingkat dunia dan memang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar tersebut. Semoga, danau ini tidak tercemar dengan adanya pembuatan bendungan, dan guanya tetap bisa diakses oleh orang-orang yang keheranan.

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/news-sculpted-azure-caverns-patagonias-general-carrera-lake

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...