Friday 6 January 2012

Gurauan Alam: Pohon Anggur Brasil yang Menakjubkan


Anda mungkin akan melihat ulang pemandangan ini jika Anda kebetulan bertemu dengan pohon menakjubkan ini ketika Anda sedang di Brazil. Penduduk lokal menyebut pohon ini 'pohon anggur' dengan alasan yang sangat jelas karena pohon ini memang berbuah anggur. Anehnya, buah anggur ini tidak tumbuh di ranting kecil, yang biasanya sering diamati di pohon-pohon anggur yang lain, tetapi langsung ke dahan-dahannya, sebuah pemandangan yang aneh.


Phon kecil yang menakjubkan ini, berasal dari daerah tenggara Brazil, dinamakan 'jabuticaba', dan buah yang berwarna ungu dan besar sering disalah mengerti sebagai buah plum ataupun anggur. Oleh tradisi lokal kuno, kulit buah yang dijemur di bawah matahari dapat digunakan sebagai obat astringen untuk mengobati diare, asma, tonsilitis dan gangguan lain. Sebutir buahnya berukuran diameter sekitar satu setengah inchi, dan mengandung empat biji yang dikelilingi oleh daging buah berwarna mawar yang manis dan empuk.


Kelezatan buah ni adalah pemandangan umum di berbagai kios buah di Brazil, dan biasanya dimakan begitu saja setelah dipetik dari pohonnya. Jika dibandingkan dengan anggur mengenai popularitasnya, minimal untuk makanan barat, buah ini mulai terfermentasi setelah 3 - 4 hari dipetik. Buah ini juga populer dalam pembuatan minuman keras, minuman anggur, beberapa produk makanan dan selai.

Kulit buah berwarna ungu gelap dan tebal menjadi ciri khas pohon ini. Bunganya berwarna putih tumbuh langsung di dahan dan batang dan disebut dengan 'cauliflorous habit’. Pada keadaan alami, pohon hanya akan berbungan sekali atau mungkin dua kali dalam satu tahun, tetapi pengairan yang terus menerus dan pertanian yang teliti dapat memastikan bunga-bunga ini muncul lebih sering sehingga buahnya dapat dipanen sepanjang tahun di daerah tropis seperti Brazil.


Pohon ini, selama ratusan tahun, telah berevolusi dengan cara yang unik. Pohon ini mengizinkan hewan-hewan yang tidak mampu meraih buah-buahnya yang lezat dan berair banyak dengan cara menumbuhkan buahnya di cabang-cabang batangnya, ini memastikan biji-biji buahnya tersebar seluas-luasnya di hutan.

Pohon ini mempunyai karakter tahan banting, dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, meskipun lebih menyukai lngkungan yang sedikit asam. Pohon ini tidak tumbuh tinggi secara cepat, tetapi perlahan-lahan menuju kematangan.


Kecantikan sesungguhnya tanaman luar biasa ini adalah buahnya dapat dimakan langsung dari batangnya, dan pohon ini ternyata sangat produktif. Buahnya dikenal terbukti ampuh sebagai komponen obat-obatan. Jadi, minuman musim panas yang dibuat dari buah ini selain manis ternyata juga mempunyai manfaat medis.


Adalah hal yang mungkin untuk menumbuhkan pohon mekajubkan ini di Amerika Serikat, jika kita mempunyai rumah kaca yang dipanaskan terus menerus, tetapi, kita mungkin harus menunggu beberapa tahun sampai pohon ini cukup matang. Kita juga bisa memberitahu peneliti yang ingin memanfaatkan kandungan buah ini untuk melawan kanker.


Alam tidak henti-hentinya membuat kejutan dan membuat takjub dengan keanekaragaman dan kreasi-kreasinya. Pohon Anggur Brazil ini merupakan contoh bagaimana alam bisa menjadi aneh sekaligus indah, dan menunjukkan bagaimana manusia biasa seperti kita perlu lebih banyak belajar. Sempurna!

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/forests/news-strange-true-astonishing-brazilian-grape-tree

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...