Saturday 5 May 2012

Jamur Smurf Biru Elektrik dari Selandia Baru!


Photo: Tom
Kedengarannya memang garing mendengar nama ilmiah Entoloma hochstetteri, tetapi jamur biru yang cantik ini sebaiknya disebut 'jamur Smurf' atau diberi nama yang ada kaitannya dengan peri-peri. Alam telah mengagetkan kita sekali lagi, sama seperti sebelum-sebelumnnya.

Photo: Anne Fisher
Jamur-jamur ini ditemukan di antara tanaman pakis - tempat yang sempurna bagi para peri untuk menari dan bermain - dan di daerah yang berlumut. Warna biru cemerlang mereka berasal dari azulen, sebuah pigmen yang ditemukan dalam minyak kayu guaiac, jamur-jamur dan beberapa spesies laut. Pada jamur ini, warnanya lebih dalam dan elektrik - dibandingkan, misalnya saja dengan warna American Lactarius indigo.

Photo: Shannan
Jamur ini telah dikenal sebagai satu dari enam jamur asli dalam perangko yang dikeluarkan oleh Selandia Baru pada tahun 2002, dan pada bagian belakang mata uang 50 dollar Selandia Baru pada tahun 1990. Tidak ada yang tahu apakah jamur ini beracun atau tidak. Hal yang tidak umum bahwa jamur ini belum diteliti, tetapi karena banyak jamur lain yang beracun, sangat tidak disarankan mencoba memakan jamur ini. Ketika Anda bertemu dengan salah satunya, lihatlah lebih cermat apakah ada peri atau para Smurf menggunakan jamur ini sebagai payung di tengah hujan atau sebagai tiang untuk menari-nari.

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/plants/news-electric-blue-mushroom-new-zealand

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...