Friday 2 December 2011

Salina de Uyuni: Padang Garam Bolivia yang Luar Biasa


Salina de Uyuni adalah padang garam terbesar di dunia. Padang garam ini tampak seperti cermin alami raksasa. Pada musim hujan, air bertindak seperti lapisan rumit di permukaan padang garam, dan lalu pembentukan aneh lahirlah sudah.

Permukaan padang garam mencapai 12.000 km persegi dan mengandung sekitar 64 milyar ton garam.



Pengunjung bisa menikmati pengalaman fenomena unik di sini, ketika permukaan basah padang garam ditimpa sinar matahari, sehingga mendapatkan sensasi seperti berjalan di atas air yang tipis.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi penarik turis terbesar di Bolivia, dan dikunjungi sekitar 60.000 turis tiap tahunnya. Orang-orang sering mengatakan bahwa setelah berkunjung ke sini, tidak mungkin menyatakan dimana tanah ini berakhir dan dimana batas cakrawala itu.


Kapasitas padang garam untuk membiaskan cahaya hingga sejauh itu sampai-sampai satelit menggunakannya untuk mengkalibrasi sensirnya. Cahaya yang dibiaskan disini membuat koleksi data 5 kali lebih akurat daripada seringgi permukaan lautan.

Padang pasir yang amat luas ini merupakan bukti bahwa laut sesungguhnya pernah ada di sini, berjuta tahun yang lampau. Inilah asal muasal kelahiran danau Titicaca dan Poopo.

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/desert/news-salt-desert-bolivia

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...