Friday 18 November 2011

Antartika: Benua Paling Dingin dan Paling Kering di Bumi

Gunung es yang mengapung
Tahukah Anda dimanakah gurun terbesar di planet bumi? Mungkin Anda akan menjawab "Gurun Sahara". Tetapi, ternyata anda SALAH! :x Jawaban yang benar sebenarnya adalah "GURUN ANTARTIKA". Bagaimana mungkin :o? Antartika adalah benua terbesar rangking 5 di dunia dari total 7 benua. Wilayah permukaannya total mencapai 14,2 juta kilometer persegi (pada saat musim panas). Apa yang membuatnya menjadi gurun kalau begitu? Menurut definisi geologis: "gurun adalah daerah yang menerima sedikit presipitasi, dengan curah hujan kurang dari atau sama dengan 10 inchi atau 25 cm per tahun, didominasi oleh pasir panas dan mengandung sedikit atau tidak ada sama sekali tanaman". Dan datanglah sebuah kejutan! Sesuai dengan definisinya, ternyata ada es di daratan Antartika yang sudah ada sejak kurun waktu yang lama sekali. Bukanlah ini sangat menakjubkan?

Antartika
Beting es Rose, Antartika

Fakta mengagumkan mengenai Antartika:


#1 Gunung es terbesar yang pernah ada memisahkan diri dari beting es Ross di Antartika, sekitar tanggal 20 Maret 2000. Ukuran gunung es yang memisahkan diri ini seukuran COnnecticut atau dua kali ukuran Delawate, sekitar 4.250 mil persegi (11.000 kilometer persegi). Gunung es ini berukuran panjang 183 mil (295 kilometer) dan lebar 25 mil (37 kilometer). Gunung es ini memanjang sekitar 900 kaki di bawah permukaan air laut dan 120 kaki (30 meter) di atas permukaan air laut. WOW!

Belgica Antartica

#2 Hewan darat terbesar yang ada di Antartika adalah makhluk yang sangat kecil, berukuran kurang dari 1,3 cm (0,5 inchi). Serangga tak bersayap yang disebut Belgica antartica adalah serangga sejati dan paling besar yang ditemukan di benua ini. Meski demikian, tetap ada springtail hitam mengkilat yang melompat-lompat seperti kutu. Kutu ini disebut sebagai "serangga terestrial" yang cenderung hidup di antara koloni pinguin.

Channichthyidae atau ikan es

#3 Pernahkan anda mendengar tentang Channichthyidae? Mereka adalah hewan terbaik yang dapat beradaptasi di tempat yang dingin di planet ini, dan satu-satunya vertebrata yang terdaftar tanpa hemoglobin. Mereka malah hanya mempunyai volume darah berwarna bening yang lebih banyak dan ini membuat mereka mempunyai penampakan yang berbeda, tampak pucat seperti hantu, terutama bagian insang mereka. Mereka juga disebut juga ikan es buaya. Ikan antartika ini telah hidup pada suhu sekitar +2 hingga -2 derajat Celcius dalam kurun waktu 5 juta tahun (-2 adalah titik beku air laut, di bawah nol derajat karena pengaruh garam pada air laut).

#4 Ketika Anda mengebor es di Antartika, anda akan mendapatkan bentukan es berupa silinder panjang, yang disebut dengan "Inti Es". Inti Es ini memberikan indikasi seperti apakah kehidupan yang ada di masa lampau, mundul sepuluh hingga ribuan tahun yang lalu, memberikan informasi berharga mengenai iklim di bumi selama sejarah. Kedengaranan lucu tetapi adalah hal yang memang mungkin bahwa saat ekspedisi ke Antartika, seorang glasiologis dapat memberi Anda air yang membeku saat kehidupan Yesus.

Petermann Islan, Antaratika

#5 Es abadi yang menyelimuti Antartika mengandung sekitar 29 juta kilometer kubik es. Jika es ini mencair, akan terjadi kenaikan permukaan air laut sekitar 60 - 65 meter di seluruh dunia. Jangan khawatir - hal ini akan memerlukan waktu kurang lebih 10.000 tahun lamanya.
Lingkar Antartika


#6 Hanya sekitar 0,4 persen saja daerah Antartika yang tidak tertutupi es, 90% dari keseluruhan es di muka bumi ini dan 60 - 70% air tawar di muka bumi ini berasal dari Antartika.

Euphausia superba, udang Antartika
#7 Selama musim makan :x di Antartika, seekor paus biru dewasa memakan setidaknya 4 juta udang Antartika per hari. Jika ditaksir berat makanannya mencapai 3.600 kg dan hal ini dilakukan setiap hari selama 6 bulan.

Meteorit

#8 Antartika adalah tempat terbaik di dunia untuk menemukan meteorit. Meteorik yang berwarna gelap tampak kontras dengan latar belakang es yang berwarna putih dan tidak tertutupi oleh vegetasi apapun. Di beberapa tempat, cara es es mengalir berpusat pada meteorit yang ada di sana.

Es dan Antartika

#9 Saat permulaan musim salju, es-es di laut Antartika mulai meluas. Tiap hari, es ini meluas sekitar 40.000 mil persegi (100.000 kilometer persegi). Lama-lama, perluasan ini membuat ukuran Antartika menjadi dua kali lebih besar, karena akan terjadi penambahan 20 juta kilometer persegi es di sekitar daratan. Yang mencengangkan, ukuran ini ternyata adalah 1,5 kali ukuran Amerika, dua kali ukuran Australia atau lima kali ukuran Inggris. Es yang terbentuk ini kemudian akan pecah dan mencair tiap tahunnya.

McMurdo Dry Valleys, Antartika

#10 Sekitar 0,03% Antartika terdiri atas daerah yang bebas es, yang disebut dengan "Dry Valley". Lembah ini mempunyai kelembaban yang sangat rendah. Kondisi dingin dan kering di daerah "Dry Valley" Antartika sama mirip dengan di Mars. Daerah ini tidak terkena hujan selama sekitar 2 juta tahun.

Bumi saat periode Triassic akhir sekitar 220 juta tahun yang lalu

Fakta yang paling menarik adalah; sekitar 200 juta ahun yang lalu, Antartika ternyata bergabung dengan Amerika Utara, Afrika, India, Australia dan Selandia Baru dalam satu benua besar yang disebut Gondwana. Saat itu belum tertutup es, iklimnya hangat dan pohon dan hewan-hewan besar ada di mana-mana. Sekarang, yang ada hanyalah bentukan-bentukan geologis, kumpulan batu bara dan fosil yang tersisa untuk dijadikan petunjuk mengenai masa lalu Antartika, meskipun batas sebenarnya Antartika bukanlah garis pantai benua itu sendiri ataupun pulau-pulau yang terpencil di sekitarnya.

Jadi...bagaimana dengan "Gurun yang paling besar, paling kering, paling dingin, paling tinggi dan paling berangin" di Dunia? Apakah Anda ingin mengunjunginya?

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/desert/news-antarctic-desert-fascinating-facts-about-highest-driest-largest-coldest-and-windiest-con

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...