Saturday, 14 July 2012

Manga Cafe yang Mengagumkan di Jepang

Photo: Eliazar Parra Cardenas
Jika Anda sedang berkunjung ke Jepang, atau hanya ingin menikmati pengalaman unik, manga kissa dapat menjadi sesuatu buat Anda. Manga kissa adalah kombinasi perpustakaan manga dan kafe. Dan manga kissa tidak hanya menjadi tempat yang oke untuk menenangkan diri setelah seharian menjelajahi jalanan di kota-kota di Jepang, tetapi mereka juga bisa menjadi tujuan itu sendiri.


Manga, kata Jepang yang artinya 'gambar humoris', menjadi sangat populer di Jepang pada abad 20 ini. Gaya artistik dengan karakter bermata besar dan mulut kecil memberikan gambaran emosi hidup yang lebih besar sehingga manga lebih mudah diidentifikasi. Berbicara relatif, manga mulai digemari oleh orang-orang muda di Amerika Serikat, tetapi di Jepang sendiri, manga dibaca dan disukai oleh semua generasi.

Bahkan faktanya, penulis manga dan artis di Jepang menyukai dan menghormati manga sebagai bagian literatur dan artistik daripada hal yang sama di Barat. Banyak jenis-jenis manga, dari roman hingga action dan adventure.

Manga KissaPhoto: Daisuke Murase
karena manga sangatlah populer, maka menjamurnya manga kissa mungkin bukanlah hal yang mengejutkan. Kafe-kafe ini mulai berkembang pada tahun 1970an sebagai tempat untuk membaca manga dan minum kopi. Sejak saat itu, tempat ini berubah menjadi sesuatu yang lain. Sekarang, sebagian besar manga kissa menyediakan ruang kecil berkomputer yang dilengkapi akses internet, video games dan DVD, sebagai tambahan dari ribuan manga yang tersedia.


Manga KissaPhoto: Naotake Murayama
Banyak manga kisa yang berlokasi di dekat stasiun kereta dan mempunyai tarif per jam untuk layanan yang diberikan. Para komuter dapat menghabiskan sejam atau dua jam membaca manga ketika mereka menunggu kereta. Atau, jika mereka kehilangan kesempatan menaiki kereta terakhir menuju tujuan mereka, mereka dapat menghabiskan semalaman di manga kissa dengan harga diskon. Karena manga kissa buka 24 jam per hari, mereka menjadi alternatif murah selain hotel.

Manga KissaPhoto: Graham Stanley
Meskipun sebagian besar manga kissa ini tidak menyediakan tempat tidur, kursi-kursi yang disediakan cukup nyaman, dan bahkan beberapa di antaranya menawarkan mandi. Soda dan minuman lainnya menjadi satu paket harga dan bahkan ada pula yang menyediakan bar terbuka sehingga pelanggan dapat swalayan. Terlepas dari itu, makanan dapat dibeli dari vending machine, dengan pilihan luas termasuk es krim, mie dalam gelas dan sandwich.

Manga KissaPhoto: H.L.I.T.
Karena tingginya biaya sewa apartemen, beberapa anak muda Jepang memilih tinggal di manga kissa dalam jangka panjang, membayar biaya sewa tiap minggu atau bulan tergantung lamanya mereka menetap. Para tuna wisma jga kadang menggunakan manga kissa ini untuk mandi dan tidur dalam suasana yang lebih nyaman dan lingkungan yang lebih aman.

Manga KissaPhoto: Steve Nagata
Meskipun tempat ini bukanlah pilihan utama Anda untuk tinggal, manga kafe tentu saja layak dikunjungi. Tidak hanya mereka merupakan perwujudan konglomerasi perpustakaan, kafe dan hotel, manga kisa adalah bagian menarik budaya Jepang.

Referensi:
1) http://www.environmentalgraffiti.com/travel/news-visit-japans-fascinating-manga-caf%C3%A9
2) http://www.unmissablejapan.com/sleeping/manga-kissa
3) http://comicbooks.about.com/od/manga/ss/manga101.htm
4) http://www.japan-i.jp/news/manga_kissa_botting_part_1.html
5) http://injapan.gaijinpot.com/play/travel/2012/04/26/10-free-or-cheap-accommodations-in-japan/

No comments:

Post a comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...