Friday 28 October 2011

Jumlah Ikan Berkali Lipat di Taman Nasional Cabo Pulmo


Menurut press release World Wildlife Fund (WWF) , kita bisa menemukan pembalikan keberuntungan di taman margasatwa bawah laut di ujung Meksiko di Baha, California. Jumlah spesies laut di Taman Nasional Cabo Pulmo (Cabo Pulmo National Park; CPNP) meroket sebanyak 460% antara tahun 1999 dan 2009. Sebagian besar perubahan besar-besaran ini merupakan jasa penduduk lokal, yang memastikan bahwa semua hal di taman ini mempunyai hukum "jangan diambil".



"Kami tidak pernah bermimpi bahwa pembalikan yang luar biasa di kehidupan laut Cabo Pulmo akan kembali", kata seorang Eksplorer-dalam-Tugas National Geographic, Enric Sala, yang memulai penelitian pada akhir tahun 90an. "Pada tahun 1999 hanya ada ikan ukuran menengah, tapi sepuluh tahun kemudian, sudah ada sekelompok besar parrotfish, ikan grouper, ikan snapper dan bahkan hiu".


Kembalinya vitalitas CPNP telah membantu perekonomian lokal, dengan bisnis ekoturisme bersemi kembali melibatkan aktivitas seperti diving, kayak dan snorkeling. "Karang-karangnya penuh dengan koral-koral yang keras dan para penghuni lautan, menjadikan habitat yang mengagumkan untuk para lobster, gurita, ikan pari dan ikan yang lebih kecil-kecil," kata Brad Erisman, peneliti postdoctoral Scripps dan co-penulis penelitian. "Selama musim tertentu, ribuan ikan pari mobula berkumpul di dalam taman dan berenang di atas koral dengan cara yang menakjubkan." Ini menunjukkan apa yang bisa diperbuat ketika ilmu pengetahuan, penduduk lokal dan bisnis bisa berjalan bersamaan untuk melindungi spesies laut.

Referensi: http://www.environmentalgraffiti.com/news-huge-boost-fish-cabo-pulmo-national-park

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan tuliskan apapun terkait isi artikelnya ya. Terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...